AsianBrain


Agar Motor Hemat BBM

Pada mesin dengan karburator, terjadi head loss pada venturi. Head loss ini berupa penurunan tekanan pada saluran masuk (intake manifold) yang akan berbanding lurus dengan penurunan debit udara yang masuk ke dalam silinder. Sehingga besarnya head loss pada karburator akan mempengaruhi efisiensi volumetrik secara langsung. Sedangkan pada mesin dengan sistem injeksi bahan bakar, dimana bahan bakar diinjeksikan dekat dengan katup hisap, maka intake manifold dapat didesain untuk lebih memaksimalkan aliran udara yang masuk tanpa adanya kerugian tekanan pada sistem pemasukan. Proses pengkabutan bahan bakar di karburator merupakan fungsi dari aliran udara sebagai variable bebas. Pada venturi kecepatan aliran udara akan meningkat dan tekanan udara akan turun, sehingga bahan bakar akan mengalir melalui nozzle akibat adanya beda tekanan antara tekanan di venturi dengan tekanan bahan bakar di ruang pelampung. Pengontrolan debit bahan bakar yang masuk ke silinder dilakukan dengan

Tips pemelihara motor yang agar awet dan irit bahan bakar
  1. Karburator pada mesin, dan saringan udara harus bersih (cek rutin) karena kotoran dapat meghambat/menyumbat yang berakibat menurunnya kinerja mesin.
  2. Biarkan motor dalam keadaan standar karena motor dalam keadaan aslinya telah telah uji seleksi secara ketat dan tepat.
  3. Lakukan servis ringan dan ganti oli setiap pemakaian kendaan 3500 km dan servis berat setiap pemakaian kendaan telah bertambah 7000km.

Perlu diingat pula bahwa pengendara motor harus melakuan tip-tip sebagai berikut:

  • Putaran gas sesukaikan dengan kecepatan jangan di gentak-gentak, maka bbm makin boros.
  • Pengaturan gigi yang tepat dengan setiap kecepatan.
    Apabila mengggunakan gigi rendah pada kecepatan tinggi selain mengakibatkan suara mesin berisik, dan mesin menjadi panas karena rpm terlalu tinggi, hal ini dapat merusak rumah kopling dan kampas kopling. Karena ketika pada rpm terlalu tinggi anda menekan purseneleng, kopling akan bekerja keras pada proses pemindahan gigi. Sebaliknya, penggunaan gigi tinggi pada kecepatan rendah selain boros, juga merusak mesin. Karena torsi kurang untuk menarik kendaraan, maka gas cenderung dibuka lebar, lalu kopling terasa menyendal. Pada Sepeda motor dengan cc kecil misal 100cc, ketepatan pemakaian gigi sangat berpengaruh karena torsi nya kecil. Maka kurangi gigi jika berjalan pada kecepatan rendah.

Mengganti Olie Mesin

Komponen terpenting ke-dua yang diperhatikan adalah  oli, dimana fungsi oli sebagai cleaning, cooling, cushioning, dan lubrication.. Rekomendasi dari pabrik untuk penggantian oli mesin adalah sekitar 2000 sampai dengan 2500 km (besaran bervariasi tergantung merk motor). Kalau berdasarkan pengalaman dan yang telah saya praktekkan, maka saya melaksanakan penggantian oli mesin setiap 1200 s.d. 1700 km.? Karena dikota- besar di Indonesia terkenal dengan kemacetannya. Apabila motor anda jarang digunakan, maka disarankan untuk mengganti oli per 3 bulan (istilahnya kena calendar time). Karena oli sudah dipergunakan untuk melumasi mesin, biasanya sedikit bersifat asam/ acid. Yang akan mengakibatkan menyebabkan korosi dan merusak mesin. Bagaimana memilih oli yang tepat? tidak susah-susah sesuaikan dengan referensi pabrik saja. Jangan merubah misalnya dari 20W 50 ke 10W 40 karena itu akan mempengaruhi tingkat keausan dari komponen mesin yang berputar dan bergesekan, walaupun katanya dapat memperingan tarikan (mesin jadi enteng).
Perhatikan cara mengganti oli yang benar, panaskan mesin motor anda kurang lebih selama 5 menit kemudian drain/ buang oli dari mesin. Pastikan oli lama sudah keluar semuanya, dengan melakukan cranking/ putar mesin anda dengan menggunakan foot starter beberapa kali atau dengan meniup udara ke mesin . Boleh menggunakan electric starter tapi dibatasi. Setelah itu masukkan oli baru. Yang perlu di perhatikan disini adalah pada saat kita akan membuka oli baru ada baiknya kita menggoyang-goyang kaleng oli atau botol oli tersebut (olinya di kocok2 terlebih dahulu). Kenapa? Karena biasanya di dalam oli itu ada lapisan tipis yang sering disebut dengan “film”. Film atau lapisan tipis itu berguna sebagai pelindung mesin pada saat bergesekan. Kalau kita beli oli biasanya film yang ada di dalam oli itu pada ngumpul di bawah. Secara kasat mata film atau lapisan tipis itu tidak kelihatan. Dengan di kocok2 tadi film tersebut akan tercampur kembali dengan baik Setelah itu barulah oli tersebut dimasukkan ke dalam mesin. Sebelum distart, ada baiknya pergunakan starter kaki beberapa kali untuk mensirkulasikan oli baru ke bagian2 mesin anda. Barulah setelah itu nyalakan mesin anda selama beberapa menit

Merawat Mesin

Tips ini telah diuji coba bertahun tahun khususnya ke mesin motor dan hasilnya memang memuaskan Yang utama dan perlu diperhatikan dalam perawatan terhadap mesin motor anda ada 2 hal: 
Pertama adalah bensin/bahan bakar.
Dalam uji coba, telah dilakukan dari berbagai type kendaraan bermotor bahwa bahan bakar sangat penting, jangan sekali kali mengisi bahan bakar oplosan, lakukan pengisian bahan bakar pada SPBU resmi. Tidak kalah pentingnya untuk memperhatikan oktan yang sesui dengan kendaraan anda. Perlu saya informasiakan dari hasil uji coba bahwa tidak sesuianya oktan akan berpengaruh pada mesin motor anda
Tabel hubungan antara perbandingan kompresi dengan kebutuhan nilai oktan bensin.

Kompresi Oktan
5 : 1 72
6 : 1 81
7 : 1 87
8 : 1 92
9 : 1 96
10 : 1 100
11 : 1 104
12 : 1 108

Kalau bahan bakar yang digunakan tidak sesuai dengan standar yang telah ditentukan, mesin juga bisa cepat rusak. Kinerjanya tidak lancar dan nantinya bisa ngadat. Kondisinya tentu saja lebih parah lagi bila kondisi bahan bakar tercemar!Contohnya adalah penggunaan bensin premium untuk mesin-mesin dengan perbandingan kompresi tinggi, yaitu di atas 9,5: 1. Agar efisisien, perbandingan kompresi tinggi. Mesin dengan perbandingan kompresi tinggi tidak bisa bekerja dengan baik bila diberi premium. Kalaupun dipaksa - meski tetap bekerja - kemampuannya menghasilkan tenaga tidak maksimal. Saat digeber, tidak bisa lari. Dengan nilai oktan lebih rendah, premium lebih sensitif atau mudah mengalami gejala yang disebut “menembak”. atau“auto-ignition” atau pembakaran terjadi dengan sendirinya. Padahal pembakaran harus dipicu oleh bunga api yang dipercikan oleh busi. Waktunya pun telah ditentukan (ignition timing).
Suapaya efisien sebuah mesin harus mampu bekerja yang mengasilkan ledakan besar pada suhu lebih tinggi dalam waktu spontan bukan diperlukan bahan bakar yang mudah terbakar pada suhu lebih rendah. Efisiensi yang lebih tinggi hanya diperoleh dengan membuat perbandingan kompresi mesin juga tinggi. Untuk mesin bensin, paling tinggi dibatasi 12: 1. Namun yang umum digunakan saat ini, terutama setelah maraknya teknologi injeksi yang bekerja secara elektronik adalah 9,5 – 11.
Yang kedua yang diperlu diperhatikan adalah Olie mesin, lakukan penggantian olie secara rutin -lihat tips mengganti olie-.

Locker / Ruang Istirahat Mekanik

Bila masih ada ruang, maka sediakan ruang locker untuk ganti mekanik atau istirahat. Para mekanik juga karyawan biasa yang membutuhkan privasi untuk ganti atau istirahat.Tempat tersebut bisa dijadikan ajang curhat antar mekanik baik mengenai pelayanan konsumen atau sharing masalah-masalah teknik.

Ruang Konsultasi

Konsumen yang tidak puas dengan pelayanan dari mekanik-mekanik anda pasti ada! Maka sangat tidak elok bila ada konsumen yang marah-marah di depan semua orang, karena saya yakin konsumen yang lain sedikit banyak akan terpengaruh oleh marah komplainnya konsumen tersebut. Untuk menghindari hal tersebut, sediakan ruang konsultan yang nyaman ( kalo bisa ada ac atau minimal kipas angin untuk mendinginkan konsumen ) juga berfungsi sebagai kantor anda/penanggung jawab untuk menyelesaikan tugas-tugas administrasinya.

Toilet & Musholla

Sediakan toilet yang representative, banyak kasus dimana ada orang yang fanatik memilih suatu tempat hanya karena toiletnya bersih – termasuk penulis ! – walau pelayanannya biasa saja. So, jangan meremehkan. Kalau ruangannya memungkinkan sediakan Mushola, jadi kalo konsumen datang ke bengkel dia tidak perlu pergi keluar hanya untuk memenuhi kebutuhannya.

Gudang Spare Part

Gudang spare part harus berada ditempat yang mudah dijangkau oleh petugas penerima servis. Konsumen dan mekanik bisa dengan mudah membeli atau mengambil spare part kepada petugas penerima servis. Maka letaknya sebaiknya dibelakang petugas penerima servis, tetapi didisplay shingga mudah dilihat oleh konsumen ( Ingat harus pamer !!! ) Kalau perlu sebagian besar gudang dari kaca, sehingga isi / kelengkapan dari gudang anda bisa dilihat oleh konsumen.

Tempat Servis Bongkar Mesin Ringan/Berat

Selain ada tempat servis untuk tune – up, ada tempat servis khusus untuk bongkar mesin baik ringan atau berat. Jangan dicampur karena pekerjaan ini relative lebih lama daripada tune up. Jadi lebih baik anda menjadwalkan konsumen yang ingin bongkar mesin bila jumlahnya tidak bisa dikerjakan dalam sehari daripada mengorbankan tempat servis tune up. Karena keuntungan bongkar mesin yang bisa memakan waktu berjam-jam lebih sedikit dibanding keuntungan tune up.

Tempat Servis Tune up

Tempat servis memang setiap pemilik ingin punya jumlah sebanyak-banyaknya karena berhubungan dengan kapasitas unit yang diservis, sehingga hubungannya dengan uang. Tapi fasilitas dan kenyamanan konsumen juga sangat berpengaruh pada kedatangan konsumen jadi buatlah yang sebanyak-banyaknya tapi jangan terlalu banyak!!
Tempat servis harus bisa dilihat oleh konsumen di ruang tunggu dan juga orang yang lewat didepan bengkel karena bengkel adalah usaha yang bergerak dibidang jasa maka anda harus pamer segala fasilitas yang ada di bengkel itu.
Usahakan arah parkir sepeda motor yang diservis menghadap sebelah kiri dari mekanik, karena orang yang tidak kidal lebih nyaman memarkir kendaraan kearah kirinya.

Ruang Tunggu Konsumen

Ruang tunggu konsumen harus bisa dilihat dari luar bengkel, anda harus ingat bahwa budaya orang jawa adalah sungkan / segan jadi kalo mereka melihat ada orang yang sedang menunggu sepeda motornya di servis maka mereka merasa nyaman dan tidak segan untuk masuk ke bengkel karena ada “temannya”.
Ruang tunggu juga harus mempunyai akses melihat langsung sepeda mereka diservis. Saya kira hampir sebagian besar pemilik kendaraan pengen melihat sendiri motornya mau diapain sih. Jika anda punya sistem pembuangan yang baik maka sepeda dapat diservis dengan arah membelakangi konsumen, tapi jika tidak maka sepeda motor yang diservis sebaiknya menghadap konsumen. Karena siapa yang mau disuguhi oleh gas buang dari kendaraan yang diservis.

Bentuk bangunan

Kalau anda membangun atau memilih bangunan maka anda harus memperhatikan bentuk bangunan yang akan anda jadikan bengkel.
Berikut ini saya berikan lay out yang umumnya dijadikan lay out dasar bengkel-bengkel resmi – dimana idealnya setiap bengkel mempunyai tempat-tempat berikut:
• Ruang Tunggu Konsumen
• Meja Penerima Tamu
• Tempat Service
• Gudang Spare Part
• WC / Locker Mekanik
• Ruang Konsultasi Konsumen

Penentuan Lokasi

Pemilihan lokasi harus memperhatikan potensi pasar yang tersedia di sekitar lokasi tersebut – tapi tetap memperhitungkan budget yang tersedia – Pilih lokasi yang dekat dengan pasar, sekolah atau universitas, perumahan, perkantoran dan yang jelas lokasi calon bengkel jangan terlalu masuk ke dalam/jauh dari jalan besar, paling tidak ada jalur angkutan umum yang rutin lewat sekitar lokasi.
Pilih lokasi yang belum ada bengkel sejenis berdiri disitu, kecuali jika anda cukup PD untuk “bertarung” dengan mereka maka berdiri dimana saja tidak ada masalah.

Investor juga harus memperhitungkan apakah pendirian bengkel di lokasi yang diincar untuk dijadikan bengkel diijinkan oleh aparat kelurahan/kecamatan. Peraturannya harus ada ijin keramaian/HO yang ditandatangani oleh tetangga sekitar sebagai tanda tidak keberatan dilingkungannya ada bengkel yang berdiri.
HO ini jangan diremehkan karena banyak kasus investor sudah kontrak / bahkan beli tanah untuk mendirikan bengkel ternyata tidak diijinkan oleh tetangga sekitar!!!
Tips mudahnya, lihat aja didaerah sekitar lokasi, apakah ada usaha / bengkel apa saja yang sudah berdiri disitu. Kalau iya berarti gak ada masalah mengenai ijin HO.

Membuka Bengkel Umum

Sebenarnya paling gampang buka bengkel umum, dibawah ini saya ulas sedikit cara-cara membuka bengkel umum.
  1. Pilih lokasi yang benar-benar rame bahkan kalo perlu dekati bengkel yang sudah ada tapi rame. Ya paling tidak bengkel anda dapat limpahan dari bengkel terdekat anda.
  2. Lay out dan penataan ruangannya? Tiru aja bengkel resmi, yang baik diambil en yang jelek di buang aja. Gimana caranya? Sering-sering aja maen-maen ke bengkel resmi en ngobrol-ngobrol ama pemiliknya ( contoh Lay Out Bengkel nanti saya lampirkan )
  3. Berapa modal yang anda perlukan? berikut sedikit ulasannya:
  • Untuk pengadaan peralatan bengkel seperti kunci-kunci, tools , meja kerja, gerinda, compressor, air gun dll anda perlu menyiapkan dana sekitar Rp 12.000.000. Kunci apa saja yang perlu di beli, ajak mekanik yang sudah biasa bengkel motor. Selain itu jangan lupa buku-buku tentang bengkel emank banyak, tapi pengalaman tetap yang utama. Cari mekanik yang benar-benar yang anda kenal untuk membantu anda membeli tools & equipment tersebut. Kalo tidak punya kenalan? Yaa cepet cari kenalan.
  •  Meja tamu, yang bisa digunakan untuk tempat komputer dan printer ( kalo gak punya komputer, paling tidak disediain dulu tempatnya ) dengan dana Rp. 2.000.000 udah bagus koq.
  • Pentingnya kursi ruang tunggu, hal ini sering diremehkan oleh pemilik bengkel umum. Sukur kalo bisa dilengkapi dengan TV, air minun gallon perlu juga ada bahan bacaan apa saja ( syukur bahan bacaan kalo tentang otomotif).
  • Siapkan piping system, seperti di bengkel-bengkel resmi. Paling tidak miriplah, soalnya cukup mahal bo! Bisa Rp. 1,5 jeti per pit service. Jadi kalo 5 pit, udah Rp. 7,5 Juta sendiri. Belum filter oil dan udaranya, bisa sampe Rp 10.000.000 / 5 pit, untuk pemasangannya panggil tukang pipa.
  • Sediakan Pit service khusus yang tertata rapi, jangan setiap ruang kosong di buat service( lihat artikel panduan praktis mendirikan bengkel motor ). Lay outnya silakan lihat nanti penulis siapkan.
  • Nah yang paling besar apaaan? Jelaaas Spare Part!!! Kalo anda punya modal Rp 50 juta adalah angka yang aman untuk kota besar, seperti Surabaya. Tapi gimana kalo gak laku? Nah jangan langsung dibelanjakan semua, beli dulu part-part fast moving, seperti kampas rem, kampas kopling, dispatch, gear set, accu en laen2. Jangan yg slow moving, seperti Knalpot, Velg dan sebangsanya. Bingung? Sekali lagi kenalan ma mekanik, minta advisenya. Ntar kalo udah jalan baru ketahuan karakter daerah anda itu, konsumennya suka meghabisin part apaan. Karena kebiasaan suatu daerah tuh laen-laen Bos…
  • Nah ini yang penting sebenarnya. Kiat mudahnya bikin bengkel, anda kalo udah punya lokasi cari mekanik yang bagus ( kalo bisa yg murah juga, tp jgn terlalu berharap deh ). Saya termasuk yang tidak setuju paham : Kalo mau bikin bengkel harus paham mesin en bisa servis!!!! No way men. Yang paling penting dalam setiap usaha adalah intuisi kita dalam melihat peluang. Jadi caranya ambil langsung mekanik yg bagus untuk membantu persiapan mendirikan bengkel – meski korban bayar gaji 1 bulan tanpa dapat untung – gak masalah. Anda dapat keuntungan yang lain yaitu bengkel yang sudah siap opersional. Siapkan dana Rp1.000.000 deh
  • Apakah gak kemahalan? Tergantung kualitasnya, bisa mahal bisa murah. Tapi prinsipnya cukup 1 orang mekanik yang pinteeer, yang lain cukup bisa servis ringan aja jadi bisa dibayar murah. Jangan pintar semua, selain bayarnya mahal kemungkinan kacau cukup besar, karena semuanya saling menonjolkan diri sendiri. Jadi gak efektif.
  • Papan Nama. Ini sangat perlu karena semua usaha harus punya Trade Mark. Gimana cara enaknya? Gandeng sponsor! Sssttt tak kasih bocoran ya. Daftarkan aja bengkel anda jadi jaringan Spare Part resmi, jadi bukan bengkelnya. Karena peluang menjadi jaringan spare part jauh lebih mudah daripada servis. Kalo gak? Gandeng aja produk-produk oli ato yg laen. Yang penting ada namanya!
  • Promosi dan Pelayanan. Nah, terus terang aja kalo membahas soal Promosi dan pelayanan sangat luas dan menantang. Penulis akan berikan kiat-kiatnya dalam artikel tersendiri. Karena akan saya bahas mengenai berbagai jenis promosi dan pelayanan dimana saya yakin tidak hanya bengkel umum aja yang perlu menerapkannya. Bengkel Resmi pun perlu untuk melakukan inovasi supaya bengkelnya lebih kompetitif dibanding kompetitornya tentu saja.
  • Mendirikan Bengkel Umum Motor

Untuk para investor yang mempunyai background mesin atau yang bahkan awam sekalipun harus ada point-point penting yang harus dipahami dulu untuk mendirikan bengkel motor.








Bengkel Resmi VS Bengkel Umum

Mari kita tengok ulasan dibawah ini mungkin bisa membantu anda dalam mendirikan usaha bengkel untuk menjawabnya kita harus mengetahui dulu apa perbedaan mendasar atau keuntungan-kerugian dari kedua jenis bengkel di atas.
Keuntungan Bengkel Resmi

  1. Management yang standar, Pemilik tinggal menjalankan system tersebut tanpa perlu memikirkan cara membuatnya
  2. Pembinaan dan pelatihan dilakukan secara kontinyu dari Main Dealer, skill mekanik selalu up to date dan Main dealer selalu membsehingga tidak ketinggalan informasi sehingga jadi pemilik tidak sendirian dalam menghadapi berbagai masalah dlm bengkelnya karena Main Dealer akan ikut membantu menyelesaikan
  3. Mendapat Pedoman-pedoman reparasi, sehingga mekanik punya panduan untuk melakukan servis sepeda motor lengkap dengan ukuran-ukuran yang standar
  4. Punya wadah tukar informasi dengan para pemilik bengkel yang lain, jadi bisa saling tukar strategi untuk bisa bahu-membahu memajukan bengkelnya masing-masing
  5. Mempunyai fasilitas harga khusus untuk pembelian tools atau spare part di Main Dealer
  6. Mendapatkan material promosi atau ikut dipromosikan oleh main dealer ( gratis tentu saja ) yaitu Nama Bengkel Resmi. Contoh AHASS ( Honda), YSS (Yamaha) dll
  7. Bengkel Resmi di “beri “ konsumen oleh Main Dealer yaitu pemberian kartu servis berkala untuk sepeda motor baru. Dengan cara demikian konsumen “dipaksa” masuk ke bengkel resmi untuk mendapatkan servis gratis dengan ditukar kartu.

Kekurangan Bengkel Resmi
Ada beberapa yang tidak bisa dilakukan oleh bengkel resmi contohnya saja tidak bisa melakukan servis sepeda motor produk competitor. Contoh AHASS dilarang menservis sepeda motor non-Honda dan sebaliknya dealer resmi Yamaha atau yang lain begitu juga ! Juga mematuhi policy dari Agen Tunggal Pemegang Merk ( ATPM ) seperti : Menjual spare part yang bukan genuine dan/atau oli yg non recommended gitu…
Yang lain hanyalah sekedar masalah image aja, seperti : Mekanik Bengkel Resmi hanya bisa tune up aja, tidak mau menservis sepeda motor lama, main ganti part. Sebenarnya apa yang dilakukan bengkel umum, bengkel resmi juga bisa

Prospek Bisnis Bengkel Motor

Seiring berkembangnyan produksi motor di Indonesia peluang untuk menjadi Wira swasta bengkel sangat berpeluang. Menurut data Indonesia mampu memproduksi motor dari berbagai tipe sekitar 6,5 juta motor dengan rincian sebagai berikut : Honda kira 2 juta motor , Suzuki 750.000 motor Yamaha 2 juta motor Kawasaki dan merek lainnya diperkirakan mencapai 2 juta. Dengan pertumbuahan produksi motor yang begitu pesat mempunyai dampak yang positif atas berbagi produk asesoris motor termasuk bengkel motor. Menurut data Warta kota jumlah kendaraan di Indonesia mencapai 40 juta lebih.

Pertanyaan mendasar yang sampai sekarang masih ditanyakan adalah : Apakah Bisnis Bengkel ini menguntungkan ? Tentu saja sangat prospek, karena pansa pasar begitu besar. Berdasarkan data Wartakota yang pernah say abaca kendaraan motor roda dua di Jabodetabek saja di perkirakan 22 juta . Bagi siapa saja yang berminat buka usaha bengkel motor dan varian nya lainya sangat menguntungkan. Begitu banyak usaha /industri kecil lainya yang ikut hidup dengan banyaknya komunitas sepeda motor misalnya saja produk variasi motor yang digandrungi anak muda, helm , cuci motor dan lain sebaginya. Selanjutnya apa yang harus kita persiapkan bila mau membuka bengkel motor. Berapa modal yang dipersiapkan dan keahlian apa yang diperlukan.

ALAT PRESS VELG RACING & SEGITIGA (FRONTFORK)

Bagian & Fungsi Ruang Alat Press Velg dan Frontfork (segitiga)
1. Palang Landasan Objek
Adalah Palang landasan yang terletak dibagian bawah yang berfungsi sebagai alas objek yang akan dilakukan pressing.

2. Dinding
Bagian Dinding ini memiliki fungsi sebagai tempat berdirinya Palang Landasan Objek.

3. Poros Landasan Hidrolik Atas
Komponen ini memiliki 2 (dua) batang besi baja sebagai pengendali 2 (dua) buah hidrolik dengan posisi yang berbeda, yakni Hidrolik Atas dan Hidrolik Gantung.

4. Hidrolik Atas
Hidrolik ini terletak diatas atap yang memiliki sifat yang fleksibel. Artinya hidrolik ini dapat bergerak sesuai dengan lokasi objek yang akan dilakukan pressing.

5. Hidrolik Gantung
Hidrolik ini terletak dibawah atap dengan posisi menggantung. Fungsi Hidrolik Gantung ini adalah untuk mengepress velg yang oleng.


6. Bantalan Velg
Bantalan velg ini ada 3 (tiga) jenis yaitu :
6.1. Bantalan Palang As Ulir
Bantalan Palang ini memiliki Palang As Ulir yang untuk dapat disesuaikan untuk masing masing ukuran velg.
6.2. Bantalan Besar
Bantalan ini ditempatkan sejajar dengan Landasan objek dengan memiliki AS dan 2 (dua) buah bantalan yang dapat diatur sesuai ukuran velg. Fungsi Bantalan besar ini adalah untuk velg yang mengalami kondisi naik turun (mumbul).
6.3. Bantalan Kecil
Bantalan ini ditempatkan diatas Landasan Objek yang memiliki bentuk yang kecil dan berfungsi untuk bantalan press velg yang mengalami kondisi bibir velg yang keluar.

7. Ring Pleneus
Bantalan ini berbentuk bulat yang diletakan di bagian bos tromol velg agar mendapat tekanan yang seimbang dari Hidrolik Atas . Fungsi Ring Pleneus adalah sebagai bantalan press velg yang mengalami kondisi bibir velg yang oleng.
8. Plat Cekung
Plat ini berbentuk cekung yang berukuran sebesar kepalan tangan yang berfungsi sebagai sarana penahan tumbukan langsung antara hidrolik atas dengan objek khususnya untuk press velg yang mengalami bibir velg yang keluar. Plat cekung ini penggunannya dipegang langsung oleh mekanik dan dihubungkan langsung dengan Hidrolik Atas.



9. As Penekan Velg
Posisi As penekan velg terletak ditengah dengan memasangkan poros sebagai pegangan ujung dan diletakan searah dengan posisi landasan objek. Fungsi As penekan velg ini adalah untuk mengepress velg yang mengalami naik turun (mumbul).

10. Bantalan Sok
Berbentuk setengah lingkaran yang berfungsi untuk bantalan sok frontfork yang akan dilakukan pressing agar sok tidak menjadi lecet dan dapat mengukur kelurusan sok saat dipress.

11. As – Sok
Komponen ini adalah sebagai sarana pengganti As frontfork yang bertujuan untuk mengeliminasi kerusakan As frontfork sehingga segitiga motor dapat diperbaiki tanpa merusak As Frontfork motor tersebut.
Latar Belakang
Populasi sepeda motor saat ini sangat tinggi volumenya sehingga kepadatan lalulintas dapat menciptakan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Dalam hal ini sepeda motor adalah sangat rentan dan memiliki tingkat yang sangat tinggi terhadap terjadinya kecelakaan lalu lintas. Tingkat kebutuhan masyarakat terhadap waktu artinya masyarakat membutuhkan sesuatu yang cepat dan efisien. Ditambah lagi masih banyak nya masyarakat yang belum memahami tentang keberadaan Alat Press Motor yang banyak memiliki manfaat bagi pengguna sepeda motor.
Oleh sebab itu kami selaku anak bangsa melihat adanya suatu peluang untuk memberikan salah satu sumbangan kepada dunia otomotif khususnya dibidang perbaikan rangka motor.
Selama ini tehnik perbaikan rangka sepeda motor lebih banyak dilakukan dengan cara digetok/dipukul serta dipanaskan/dibakar. Metode seperti ini adalah metode dan tehnik konvensional dimana banyak sekali kelemahannya seperti memakan waktu yang cukup lama dan dapat mengurangi tingkat kekuatan besi/baja sepeda motor.
Atas dasar hal tersebut diatas kami telah membuat suatu Alat Presisi Rangka Sepeda Motor yang dapat bekerja tanpa memerlukan waktu yang lama serta tanpa memerlukan tehnik pembakaran dan getok/pukul. Alat Press Motor ini hanya digerakkan dengan menggunakan bantuan tenaga Hidrolik dan rangkaian besi baja yang sangat mudah untuk dioperasionalkan, sehingga kebutuhan masyarakat khususnya dunia otomotif dapat dipenuhi dengan sarana Alat Press Motor ini yang cukup efisien dan sangat ramah lingkungan serta dapat meringankan beban ekonomi masyarakat dunia otomotif.

Maksud dan Tujuan
Dengan adanya Alat Press Motor ini dan menggunakan tenaga hidrolik sebagai sumber tenaga penggerak maka sebagai pelengkap rangkaian besi baja yang memiliki konstruksi bentuk dan ruang yang kompatibel diharapkan dapat memenuhi segala kebutuhan sepeda motor yang akan dilakukan perbaikan atau melakukan pressing untuk mengembalikan sepeda motor menjadi baik dan presisi untuk segala jenis sepeda motor dengan murah, cepat, aman dan akurat.
Alat Press Motor system hidrolik ini dikemas seperti ruang bangun persegi

Adapun beberapa keunggulan serta manfaat alat press motor ini adalah sebagai berikut :
1. Hemat Energi = Efisien
Alat Press Motor ini tidak memerlukan tenaga listrik dan bahan bakar minyak, sehingga keberadaan alat tersebut dapat membantu salah satu program Pemerintah tentang hemat energi sama dengan hemat biaya.

2. Anti Pembakaran
Rangka Sepeda motor jika dilakukan pembakaran maka akan mengakibatkan penurunan kualitas baja, oleh sebab itu tehnik ini tidak kami gunakan.

3. Anti Cacat
Artinya Alat Presisi Rangka Sepeda Motor ini tidak menggunakan tehnik pukul dan getok yang dapat menimbulkan cacat fisik yang dapat mengurangi estetika konstruksi rangka.

4. Efisiensi Waktu
Mengingat Ruang Alat Presisi Rangka Sepeda Motor ini sudah sangat kompatibel dengan berbagi jenis rangka sepeda motor, sehingga proses pengerjaan terhadap objek/rangka motor tidak perlu menurunkan mesin sehingga proses sangat cepat artinya tidak membutuhkan waktu yang lama jika dibandingkan dengan teknik konvensional yang harus turun mesin.

5. Mudah dalam mengoperasionalkannya
Konstruksi besi dan baja serta dilengkapi dengan hidrolik sebagai tenaga penggerak yang memiliki bentuk seperti ruang bangun sederhana dan tanpa menggunakan suatu jaringan elektronik , sehingga Alat Press Motor ini sangat mudah untuk dioperasikan dan juga tanpa kesulitan untuk melakukan pemeliharaannya.

6. Enterpreneurship
Alat Press Motor ini dapat dijadikan sarana usaha yang melibatkan beberapa tenaga sebagai mekanik atau operator untuk melakukan usaha jasa bengkel press motor. Sehingga keberadaan Alat Press Motor ini turut membantu program Pemerintah tentang membuka lapangan pekerjaan atau lapangan usaha seluas-luasnya.




JENIS DAN TYPE ALAT PRESS MOTOR
1. Alat Press Rangka (Chasis) Sepeda Motor Type Motopress – R1
Alat ini adalah berfungsi untuk melakukan pressing pada rangka (chasis) pada sepeda motor namun dapat juga untuk digunakan untuk mengepress velg racing, segitiga (frontfork) dan disk brake. Sehingga alat ini dinamakan alat press multi fungsi artinya dapat mengepress apa saja sepanjang sasaran objek dapat diletakkan dalan ruang press atau dengan kata lain kami menyebutnya ALLROUND..

2. Alat Press Velg Racing & Segitiga Type Motopress – R2
Alat ini adalah hasil pengembangan dan uraian system kerja untuk membantu pengerjaan press velg racing, segitiga (frontfork), dan disk brake yang bertujuan agar peningkatan pelayanan terhadap konsumen dapat dilaksanakan secara bersama-sama. Dengan dimensi yang minimalis dan systematis dapat berfungsi sebagai alat press alternative untuk membantu pengerjaan press motor sehingga kami menyebutnya SOLUTION.

ALAT PRESS RANGKA (CHASIS) SEPEDA MOTOR
MOTOPRESS – R1
Bagian & Fungsi Ruang Alat Press Rangka Sepeda Motor
1. Gerbang Teras
Merupakan lempengan plat besi bordes dengan posisi miring yang berfungsi untuk menghantarkan objek menuju ke Landasan Gerak. Teras ini memiliki engsel yang dapat dilipat jika diperlukan.
2. Landasan Gerak
Landasan Gerak ini adalah suatu sarana untuk kedudukan rangka bagian bawah yang akan disorongkan ke bagian belakang menuju Kolom Kaster. Landasan Gerak ini memilik roda baja yang berfungsi untuk memudahkan dalam menyorongkan rangka kebagian letak yang diinginkan.
3. Poros Landasan Bawah
Komponen ini adalah suatu bentuk bantalan pengendali landasan gerak dan dapat digunakan sebagai penentu kelurusan bentuk rangka / objek bagian roda belakang yang akan di eksekusi. Lantai ini memiliki dan tempat untuk 2 (dua) buah Hidrolik Bawah yang berfungsi untuk menggerakn Kolom Kaster. Pengaturan posisi hidrolik ini dapat disesuaikan dengan stopper yang telah disediakan.
4. Dinding Vertikal Panjang & Pendek
Alat Press Rangka Motor ini memiliki 6 (enam) buah dinding vertikal yang dapat berpindah pindah (bergerak) yang terletak pada sisi kanan dan kiri, 4 (empat) berukuran panjang masing-masing telah dilengkapi dengan 2 (dua) buah stud dan 2 (dua) buah hidrolik dan 2 (dua) dinding vertical yang berukuran pendek dengan dilengkapi 2 (dua) buah hidrolik yang berfungsi untuk mendorong kolom kaster.
5. Dinding Horisontal Atas & Bawah
Dinding Horisontal yang terpasang memiliki 4 (empat) buah dan tidak dapat berpindah-pindah. Posisi dinding vertikal berfungsi sebagai penahan Dinding vertikal apabila rangka yang menjadi objek press sedang berlangsung.
6. Poros Landasan Atas
Komponen ini memiliki 2 (dua) batang besi baja sebagai pengendali 2 (dua) buah Hidrolik Atas dengan posisi yang berbeda, yakni Hidrolik Stud Lurus dan Hidrolik Stud Miring. Kedua hidrolik tersebut dapat bergerak bebas karena dilengkapi dengan roller dan stopper.
7. Hidrolik Atas Stud Lurus
adalah posisi yang sudah dipastikan atau dipatenkan sehingga posisi ini Tidak Fleksibel. Hidrolik Stud Lurus berfungsi sebagai penekan dan atau penahan bagian atas yang diarahkan lurus kearah rangka atau objek. Penempatan hidrolik stud lurus dapat dipindah-pindah karena telah dilengkapi dengan roller penggerak dan memiliki stopper sesuai dengan kebutuhan sasaran objek.
8. Hidrolik Atas Stud Miring
memiliki posisi yang fleksibel untuk mengatur tingkat kemiringannya. Sehingga sasaran rangka atau objek yang akan dilakukan pengepressan tidak merusak komponen objek tersebut. Penempatan hidrolik stud miring dapat dipindah-pindah untuk disesuaikan dengan lokasi sasaran objek yang akan dipress.
9. Kolom Kaster
Komponen ini berbentuk kotak yang memiliki 3 (tiga) buah lubang kaster yang berbeda ukuran sehingga penggunaanya dapat disesuaikan untuk jenis ukuran masing-masing rangka. Kolom Kaster ini berfungsi sebagai kendali rangka motor atau objek yang akan dilakukan pengepressan. Kotak kendali kaster dapat difungsikan dengan menggunakan Hidrolik Bawah dengan menggabungkan dengan konektor pada kolom kaster pada masing masing sisi Kotak Kolom Kaster. Tehnik yang digunakan hanya mendorong dengan disesuaikan terhadap kebutuhan kondisi rangka yang akan dieksekusi. Adapun ke-4 hidrolik tersebut terletak pada bagian lantai dengan posisi samping kanan dan kiri lalu posisi depan dan belakang.
10. Landasan Gerak Kaster
Komponen ini adalah rangkaian yang tidak terpisahkan dengan Kolom Kaster dimana Kotak Rel Kaster adalah penghubung ke Rel Kaster yang dapat mengatur Posisi Kolom Kaster. Kotak Rel Kaster memiliki As Paten yang ditempatkan pada jalur Rel Kaster.


11. Poros Kaster
Rel Kaster ini adalah konstruksi rangkaian 2 (dua) buah besi H yang merupakan bagian dari Rangka Belakang Alat Presisi Rangka Sepeda Motor ini. Rangkaian ini secara khusus dapat dikatakan sebagai Jalur Pengatur Posisi Stir karena dapat bergerak kesamping kiri atau kanan dengan diatur oleh As Ulir Kaster dengan dibantu sebuah kemudi.

12. As Ulir Gerak Kaster
Merupakan batangan besi baja yang berulir dan berfungsi sebagai penyelaras Kolom Kaster.

13. Kemudi Kaster
Kemudi Kaster berbentuk bulat seperti stir mobil yang berfungsi sebagai penggerak As Ulir yang menjadi penyelaras Kolom Kaster.

14. As Head Stear
Terdiri dari 3 (tiga) buah As Baja yang berfungsi sama yakni untuk menahan rangka bagian Head Stear agar dapat menentukan tingkat kemiringan atau lurus nya Rangka Sepeda Motor.

15. Hirolik Bawah
Terdiri dari 4 (empat) buah hirolik yang berfungsi sama yakni untuk menggerakkan rangka bagian Head Stear yang disesuaikan dengan kebutuhan kondisi rangka yang akan dieksekusi. Dapat mengatur Ranngka Sepeda Motor bagian Head Stear untuk posisi Kanan-Kiri-Maju-Mundur.




16. Stud/Hidrolik Samping
Sarana Utama untuk menahan dan atau mengelakukan pressing chasis/rangka bagian samping disebelah kanan dan atau kiri. Penentuan titiak objek disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi rangka sepeda motor tersebut.


Sekian dan semoga sukses.

Ttd

Kusna Hanif
HP 081511365397