AsianBrain


Merawat Mesin

Tips ini telah diuji coba bertahun tahun khususnya ke mesin motor dan hasilnya memang memuaskan Yang utama dan perlu diperhatikan dalam perawatan terhadap mesin motor anda ada 2 hal: 
Pertama adalah bensin/bahan bakar.
Dalam uji coba, telah dilakukan dari berbagai type kendaraan bermotor bahwa bahan bakar sangat penting, jangan sekali kali mengisi bahan bakar oplosan, lakukan pengisian bahan bakar pada SPBU resmi. Tidak kalah pentingnya untuk memperhatikan oktan yang sesui dengan kendaraan anda. Perlu saya informasiakan dari hasil uji coba bahwa tidak sesuianya oktan akan berpengaruh pada mesin motor anda
Tabel hubungan antara perbandingan kompresi dengan kebutuhan nilai oktan bensin.

Kompresi Oktan
5 : 1 72
6 : 1 81
7 : 1 87
8 : 1 92
9 : 1 96
10 : 1 100
11 : 1 104
12 : 1 108

Kalau bahan bakar yang digunakan tidak sesuai dengan standar yang telah ditentukan, mesin juga bisa cepat rusak. Kinerjanya tidak lancar dan nantinya bisa ngadat. Kondisinya tentu saja lebih parah lagi bila kondisi bahan bakar tercemar!Contohnya adalah penggunaan bensin premium untuk mesin-mesin dengan perbandingan kompresi tinggi, yaitu di atas 9,5: 1. Agar efisisien, perbandingan kompresi tinggi. Mesin dengan perbandingan kompresi tinggi tidak bisa bekerja dengan baik bila diberi premium. Kalaupun dipaksa - meski tetap bekerja - kemampuannya menghasilkan tenaga tidak maksimal. Saat digeber, tidak bisa lari. Dengan nilai oktan lebih rendah, premium lebih sensitif atau mudah mengalami gejala yang disebut “menembak”. atau“auto-ignition” atau pembakaran terjadi dengan sendirinya. Padahal pembakaran harus dipicu oleh bunga api yang dipercikan oleh busi. Waktunya pun telah ditentukan (ignition timing).
Suapaya efisien sebuah mesin harus mampu bekerja yang mengasilkan ledakan besar pada suhu lebih tinggi dalam waktu spontan bukan diperlukan bahan bakar yang mudah terbakar pada suhu lebih rendah. Efisiensi yang lebih tinggi hanya diperoleh dengan membuat perbandingan kompresi mesin juga tinggi. Untuk mesin bensin, paling tinggi dibatasi 12: 1. Namun yang umum digunakan saat ini, terutama setelah maraknya teknologi injeksi yang bekerja secara elektronik adalah 9,5 – 11.
Yang kedua yang diperlu diperhatikan adalah Olie mesin, lakukan penggantian olie secara rutin -lihat tips mengganti olie-.