AsianBrain


ALAT PRESS VELG RACING & SEGITIGA (FRONTFORK)

Bagian & Fungsi Ruang Alat Press Velg dan Frontfork (segitiga)
1. Palang Landasan Objek
Adalah Palang landasan yang terletak dibagian bawah yang berfungsi sebagai alas objek yang akan dilakukan pressing.

2. Dinding
Bagian Dinding ini memiliki fungsi sebagai tempat berdirinya Palang Landasan Objek.

3. Poros Landasan Hidrolik Atas
Komponen ini memiliki 2 (dua) batang besi baja sebagai pengendali 2 (dua) buah hidrolik dengan posisi yang berbeda, yakni Hidrolik Atas dan Hidrolik Gantung.

4. Hidrolik Atas
Hidrolik ini terletak diatas atap yang memiliki sifat yang fleksibel. Artinya hidrolik ini dapat bergerak sesuai dengan lokasi objek yang akan dilakukan pressing.

5. Hidrolik Gantung
Hidrolik ini terletak dibawah atap dengan posisi menggantung. Fungsi Hidrolik Gantung ini adalah untuk mengepress velg yang oleng.


6. Bantalan Velg
Bantalan velg ini ada 3 (tiga) jenis yaitu :
6.1. Bantalan Palang As Ulir
Bantalan Palang ini memiliki Palang As Ulir yang untuk dapat disesuaikan untuk masing masing ukuran velg.
6.2. Bantalan Besar
Bantalan ini ditempatkan sejajar dengan Landasan objek dengan memiliki AS dan 2 (dua) buah bantalan yang dapat diatur sesuai ukuran velg. Fungsi Bantalan besar ini adalah untuk velg yang mengalami kondisi naik turun (mumbul).
6.3. Bantalan Kecil
Bantalan ini ditempatkan diatas Landasan Objek yang memiliki bentuk yang kecil dan berfungsi untuk bantalan press velg yang mengalami kondisi bibir velg yang keluar.

7. Ring Pleneus
Bantalan ini berbentuk bulat yang diletakan di bagian bos tromol velg agar mendapat tekanan yang seimbang dari Hidrolik Atas . Fungsi Ring Pleneus adalah sebagai bantalan press velg yang mengalami kondisi bibir velg yang oleng.
8. Plat Cekung
Plat ini berbentuk cekung yang berukuran sebesar kepalan tangan yang berfungsi sebagai sarana penahan tumbukan langsung antara hidrolik atas dengan objek khususnya untuk press velg yang mengalami bibir velg yang keluar. Plat cekung ini penggunannya dipegang langsung oleh mekanik dan dihubungkan langsung dengan Hidrolik Atas.



9. As Penekan Velg
Posisi As penekan velg terletak ditengah dengan memasangkan poros sebagai pegangan ujung dan diletakan searah dengan posisi landasan objek. Fungsi As penekan velg ini adalah untuk mengepress velg yang mengalami naik turun (mumbul).

10. Bantalan Sok
Berbentuk setengah lingkaran yang berfungsi untuk bantalan sok frontfork yang akan dilakukan pressing agar sok tidak menjadi lecet dan dapat mengukur kelurusan sok saat dipress.

11. As – Sok
Komponen ini adalah sebagai sarana pengganti As frontfork yang bertujuan untuk mengeliminasi kerusakan As frontfork sehingga segitiga motor dapat diperbaiki tanpa merusak As Frontfork motor tersebut.