AsianBrain


Membuka Bengkel Umum

Sebenarnya paling gampang buka bengkel umum, dibawah ini saya ulas sedikit cara-cara membuka bengkel umum.
  1. Pilih lokasi yang benar-benar rame bahkan kalo perlu dekati bengkel yang sudah ada tapi rame. Ya paling tidak bengkel anda dapat limpahan dari bengkel terdekat anda.
  2. Lay out dan penataan ruangannya? Tiru aja bengkel resmi, yang baik diambil en yang jelek di buang aja. Gimana caranya? Sering-sering aja maen-maen ke bengkel resmi en ngobrol-ngobrol ama pemiliknya ( contoh Lay Out Bengkel nanti saya lampirkan )
  3. Berapa modal yang anda perlukan? berikut sedikit ulasannya:
  • Untuk pengadaan peralatan bengkel seperti kunci-kunci, tools , meja kerja, gerinda, compressor, air gun dll anda perlu menyiapkan dana sekitar Rp 12.000.000. Kunci apa saja yang perlu di beli, ajak mekanik yang sudah biasa bengkel motor. Selain itu jangan lupa buku-buku tentang bengkel emank banyak, tapi pengalaman tetap yang utama. Cari mekanik yang benar-benar yang anda kenal untuk membantu anda membeli tools & equipment tersebut. Kalo tidak punya kenalan? Yaa cepet cari kenalan.
  •  Meja tamu, yang bisa digunakan untuk tempat komputer dan printer ( kalo gak punya komputer, paling tidak disediain dulu tempatnya ) dengan dana Rp. 2.000.000 udah bagus koq.
  • Pentingnya kursi ruang tunggu, hal ini sering diremehkan oleh pemilik bengkel umum. Sukur kalo bisa dilengkapi dengan TV, air minun gallon perlu juga ada bahan bacaan apa saja ( syukur bahan bacaan kalo tentang otomotif).
  • Siapkan piping system, seperti di bengkel-bengkel resmi. Paling tidak miriplah, soalnya cukup mahal bo! Bisa Rp. 1,5 jeti per pit service. Jadi kalo 5 pit, udah Rp. 7,5 Juta sendiri. Belum filter oil dan udaranya, bisa sampe Rp 10.000.000 / 5 pit, untuk pemasangannya panggil tukang pipa.
  • Sediakan Pit service khusus yang tertata rapi, jangan setiap ruang kosong di buat service( lihat artikel panduan praktis mendirikan bengkel motor ). Lay outnya silakan lihat nanti penulis siapkan.
  • Nah yang paling besar apaaan? Jelaaas Spare Part!!! Kalo anda punya modal Rp 50 juta adalah angka yang aman untuk kota besar, seperti Surabaya. Tapi gimana kalo gak laku? Nah jangan langsung dibelanjakan semua, beli dulu part-part fast moving, seperti kampas rem, kampas kopling, dispatch, gear set, accu en laen2. Jangan yg slow moving, seperti Knalpot, Velg dan sebangsanya. Bingung? Sekali lagi kenalan ma mekanik, minta advisenya. Ntar kalo udah jalan baru ketahuan karakter daerah anda itu, konsumennya suka meghabisin part apaan. Karena kebiasaan suatu daerah tuh laen-laen Bos…
  • Nah ini yang penting sebenarnya. Kiat mudahnya bikin bengkel, anda kalo udah punya lokasi cari mekanik yang bagus ( kalo bisa yg murah juga, tp jgn terlalu berharap deh ). Saya termasuk yang tidak setuju paham : Kalo mau bikin bengkel harus paham mesin en bisa servis!!!! No way men. Yang paling penting dalam setiap usaha adalah intuisi kita dalam melihat peluang. Jadi caranya ambil langsung mekanik yg bagus untuk membantu persiapan mendirikan bengkel – meski korban bayar gaji 1 bulan tanpa dapat untung – gak masalah. Anda dapat keuntungan yang lain yaitu bengkel yang sudah siap opersional. Siapkan dana Rp1.000.000 deh
  • Apakah gak kemahalan? Tergantung kualitasnya, bisa mahal bisa murah. Tapi prinsipnya cukup 1 orang mekanik yang pinteeer, yang lain cukup bisa servis ringan aja jadi bisa dibayar murah. Jangan pintar semua, selain bayarnya mahal kemungkinan kacau cukup besar, karena semuanya saling menonjolkan diri sendiri. Jadi gak efektif.
  • Papan Nama. Ini sangat perlu karena semua usaha harus punya Trade Mark. Gimana cara enaknya? Gandeng sponsor! Sssttt tak kasih bocoran ya. Daftarkan aja bengkel anda jadi jaringan Spare Part resmi, jadi bukan bengkelnya. Karena peluang menjadi jaringan spare part jauh lebih mudah daripada servis. Kalo gak? Gandeng aja produk-produk oli ato yg laen. Yang penting ada namanya!
  • Promosi dan Pelayanan. Nah, terus terang aja kalo membahas soal Promosi dan pelayanan sangat luas dan menantang. Penulis akan berikan kiat-kiatnya dalam artikel tersendiri. Karena akan saya bahas mengenai berbagai jenis promosi dan pelayanan dimana saya yakin tidak hanya bengkel umum aja yang perlu menerapkannya. Bengkel Resmi pun perlu untuk melakukan inovasi supaya bengkelnya lebih kompetitif dibanding kompetitornya tentu saja.
  • Mendirikan Bengkel Umum Motor

Untuk para investor yang mempunyai background mesin atau yang bahkan awam sekalipun harus ada point-point penting yang harus dipahami dulu untuk mendirikan bengkel motor.