AsianBrain


Latar Belakang
Populasi sepeda motor saat ini sangat tinggi volumenya sehingga kepadatan lalulintas dapat menciptakan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Dalam hal ini sepeda motor adalah sangat rentan dan memiliki tingkat yang sangat tinggi terhadap terjadinya kecelakaan lalu lintas. Tingkat kebutuhan masyarakat terhadap waktu artinya masyarakat membutuhkan sesuatu yang cepat dan efisien. Ditambah lagi masih banyak nya masyarakat yang belum memahami tentang keberadaan Alat Press Motor yang banyak memiliki manfaat bagi pengguna sepeda motor.
Oleh sebab itu kami selaku anak bangsa melihat adanya suatu peluang untuk memberikan salah satu sumbangan kepada dunia otomotif khususnya dibidang perbaikan rangka motor.
Selama ini tehnik perbaikan rangka sepeda motor lebih banyak dilakukan dengan cara digetok/dipukul serta dipanaskan/dibakar. Metode seperti ini adalah metode dan tehnik konvensional dimana banyak sekali kelemahannya seperti memakan waktu yang cukup lama dan dapat mengurangi tingkat kekuatan besi/baja sepeda motor.
Atas dasar hal tersebut diatas kami telah membuat suatu Alat Presisi Rangka Sepeda Motor yang dapat bekerja tanpa memerlukan waktu yang lama serta tanpa memerlukan tehnik pembakaran dan getok/pukul. Alat Press Motor ini hanya digerakkan dengan menggunakan bantuan tenaga Hidrolik dan rangkaian besi baja yang sangat mudah untuk dioperasionalkan, sehingga kebutuhan masyarakat khususnya dunia otomotif dapat dipenuhi dengan sarana Alat Press Motor ini yang cukup efisien dan sangat ramah lingkungan serta dapat meringankan beban ekonomi masyarakat dunia otomotif.

Maksud dan Tujuan
Dengan adanya Alat Press Motor ini dan menggunakan tenaga hidrolik sebagai sumber tenaga penggerak maka sebagai pelengkap rangkaian besi baja yang memiliki konstruksi bentuk dan ruang yang kompatibel diharapkan dapat memenuhi segala kebutuhan sepeda motor yang akan dilakukan perbaikan atau melakukan pressing untuk mengembalikan sepeda motor menjadi baik dan presisi untuk segala jenis sepeda motor dengan murah, cepat, aman dan akurat.
Alat Press Motor system hidrolik ini dikemas seperti ruang bangun persegi

Adapun beberapa keunggulan serta manfaat alat press motor ini adalah sebagai berikut :
1. Hemat Energi = Efisien
Alat Press Motor ini tidak memerlukan tenaga listrik dan bahan bakar minyak, sehingga keberadaan alat tersebut dapat membantu salah satu program Pemerintah tentang hemat energi sama dengan hemat biaya.

2. Anti Pembakaran
Rangka Sepeda motor jika dilakukan pembakaran maka akan mengakibatkan penurunan kualitas baja, oleh sebab itu tehnik ini tidak kami gunakan.

3. Anti Cacat
Artinya Alat Presisi Rangka Sepeda Motor ini tidak menggunakan tehnik pukul dan getok yang dapat menimbulkan cacat fisik yang dapat mengurangi estetika konstruksi rangka.

4. Efisiensi Waktu
Mengingat Ruang Alat Presisi Rangka Sepeda Motor ini sudah sangat kompatibel dengan berbagi jenis rangka sepeda motor, sehingga proses pengerjaan terhadap objek/rangka motor tidak perlu menurunkan mesin sehingga proses sangat cepat artinya tidak membutuhkan waktu yang lama jika dibandingkan dengan teknik konvensional yang harus turun mesin.

5. Mudah dalam mengoperasionalkannya
Konstruksi besi dan baja serta dilengkapi dengan hidrolik sebagai tenaga penggerak yang memiliki bentuk seperti ruang bangun sederhana dan tanpa menggunakan suatu jaringan elektronik , sehingga Alat Press Motor ini sangat mudah untuk dioperasikan dan juga tanpa kesulitan untuk melakukan pemeliharaannya.

6. Enterpreneurship
Alat Press Motor ini dapat dijadikan sarana usaha yang melibatkan beberapa tenaga sebagai mekanik atau operator untuk melakukan usaha jasa bengkel press motor. Sehingga keberadaan Alat Press Motor ini turut membantu program Pemerintah tentang membuka lapangan pekerjaan atau lapangan usaha seluas-luasnya.




JENIS DAN TYPE ALAT PRESS MOTOR
1. Alat Press Rangka (Chasis) Sepeda Motor Type Motopress – R1
Alat ini adalah berfungsi untuk melakukan pressing pada rangka (chasis) pada sepeda motor namun dapat juga untuk digunakan untuk mengepress velg racing, segitiga (frontfork) dan disk brake. Sehingga alat ini dinamakan alat press multi fungsi artinya dapat mengepress apa saja sepanjang sasaran objek dapat diletakkan dalan ruang press atau dengan kata lain kami menyebutnya ALLROUND..

2. Alat Press Velg Racing & Segitiga Type Motopress – R2
Alat ini adalah hasil pengembangan dan uraian system kerja untuk membantu pengerjaan press velg racing, segitiga (frontfork), dan disk brake yang bertujuan agar peningkatan pelayanan terhadap konsumen dapat dilaksanakan secara bersama-sama. Dengan dimensi yang minimalis dan systematis dapat berfungsi sebagai alat press alternative untuk membantu pengerjaan press motor sehingga kami menyebutnya SOLUTION.

ALAT PRESS RANGKA (CHASIS) SEPEDA MOTOR
MOTOPRESS – R1
Bagian & Fungsi Ruang Alat Press Rangka Sepeda Motor
1. Gerbang Teras
Merupakan lempengan plat besi bordes dengan posisi miring yang berfungsi untuk menghantarkan objek menuju ke Landasan Gerak. Teras ini memiliki engsel yang dapat dilipat jika diperlukan.
2. Landasan Gerak
Landasan Gerak ini adalah suatu sarana untuk kedudukan rangka bagian bawah yang akan disorongkan ke bagian belakang menuju Kolom Kaster. Landasan Gerak ini memilik roda baja yang berfungsi untuk memudahkan dalam menyorongkan rangka kebagian letak yang diinginkan.
3. Poros Landasan Bawah
Komponen ini adalah suatu bentuk bantalan pengendali landasan gerak dan dapat digunakan sebagai penentu kelurusan bentuk rangka / objek bagian roda belakang yang akan di eksekusi. Lantai ini memiliki dan tempat untuk 2 (dua) buah Hidrolik Bawah yang berfungsi untuk menggerakn Kolom Kaster. Pengaturan posisi hidrolik ini dapat disesuaikan dengan stopper yang telah disediakan.
4. Dinding Vertikal Panjang & Pendek
Alat Press Rangka Motor ini memiliki 6 (enam) buah dinding vertikal yang dapat berpindah pindah (bergerak) yang terletak pada sisi kanan dan kiri, 4 (empat) berukuran panjang masing-masing telah dilengkapi dengan 2 (dua) buah stud dan 2 (dua) buah hidrolik dan 2 (dua) dinding vertical yang berukuran pendek dengan dilengkapi 2 (dua) buah hidrolik yang berfungsi untuk mendorong kolom kaster.
5. Dinding Horisontal Atas & Bawah
Dinding Horisontal yang terpasang memiliki 4 (empat) buah dan tidak dapat berpindah-pindah. Posisi dinding vertikal berfungsi sebagai penahan Dinding vertikal apabila rangka yang menjadi objek press sedang berlangsung.
6. Poros Landasan Atas
Komponen ini memiliki 2 (dua) batang besi baja sebagai pengendali 2 (dua) buah Hidrolik Atas dengan posisi yang berbeda, yakni Hidrolik Stud Lurus dan Hidrolik Stud Miring. Kedua hidrolik tersebut dapat bergerak bebas karena dilengkapi dengan roller dan stopper.
7. Hidrolik Atas Stud Lurus
adalah posisi yang sudah dipastikan atau dipatenkan sehingga posisi ini Tidak Fleksibel. Hidrolik Stud Lurus berfungsi sebagai penekan dan atau penahan bagian atas yang diarahkan lurus kearah rangka atau objek. Penempatan hidrolik stud lurus dapat dipindah-pindah karena telah dilengkapi dengan roller penggerak dan memiliki stopper sesuai dengan kebutuhan sasaran objek.
8. Hidrolik Atas Stud Miring
memiliki posisi yang fleksibel untuk mengatur tingkat kemiringannya. Sehingga sasaran rangka atau objek yang akan dilakukan pengepressan tidak merusak komponen objek tersebut. Penempatan hidrolik stud miring dapat dipindah-pindah untuk disesuaikan dengan lokasi sasaran objek yang akan dipress.
9. Kolom Kaster
Komponen ini berbentuk kotak yang memiliki 3 (tiga) buah lubang kaster yang berbeda ukuran sehingga penggunaanya dapat disesuaikan untuk jenis ukuran masing-masing rangka. Kolom Kaster ini berfungsi sebagai kendali rangka motor atau objek yang akan dilakukan pengepressan. Kotak kendali kaster dapat difungsikan dengan menggunakan Hidrolik Bawah dengan menggabungkan dengan konektor pada kolom kaster pada masing masing sisi Kotak Kolom Kaster. Tehnik yang digunakan hanya mendorong dengan disesuaikan terhadap kebutuhan kondisi rangka yang akan dieksekusi. Adapun ke-4 hidrolik tersebut terletak pada bagian lantai dengan posisi samping kanan dan kiri lalu posisi depan dan belakang.
10. Landasan Gerak Kaster
Komponen ini adalah rangkaian yang tidak terpisahkan dengan Kolom Kaster dimana Kotak Rel Kaster adalah penghubung ke Rel Kaster yang dapat mengatur Posisi Kolom Kaster. Kotak Rel Kaster memiliki As Paten yang ditempatkan pada jalur Rel Kaster.


11. Poros Kaster
Rel Kaster ini adalah konstruksi rangkaian 2 (dua) buah besi H yang merupakan bagian dari Rangka Belakang Alat Presisi Rangka Sepeda Motor ini. Rangkaian ini secara khusus dapat dikatakan sebagai Jalur Pengatur Posisi Stir karena dapat bergerak kesamping kiri atau kanan dengan diatur oleh As Ulir Kaster dengan dibantu sebuah kemudi.

12. As Ulir Gerak Kaster
Merupakan batangan besi baja yang berulir dan berfungsi sebagai penyelaras Kolom Kaster.

13. Kemudi Kaster
Kemudi Kaster berbentuk bulat seperti stir mobil yang berfungsi sebagai penggerak As Ulir yang menjadi penyelaras Kolom Kaster.

14. As Head Stear
Terdiri dari 3 (tiga) buah As Baja yang berfungsi sama yakni untuk menahan rangka bagian Head Stear agar dapat menentukan tingkat kemiringan atau lurus nya Rangka Sepeda Motor.

15. Hirolik Bawah
Terdiri dari 4 (empat) buah hirolik yang berfungsi sama yakni untuk menggerakkan rangka bagian Head Stear yang disesuaikan dengan kebutuhan kondisi rangka yang akan dieksekusi. Dapat mengatur Ranngka Sepeda Motor bagian Head Stear untuk posisi Kanan-Kiri-Maju-Mundur.




16. Stud/Hidrolik Samping
Sarana Utama untuk menahan dan atau mengelakukan pressing chasis/rangka bagian samping disebelah kanan dan atau kiri. Penentuan titiak objek disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi rangka sepeda motor tersebut.


Sekian dan semoga sukses.

Ttd

Kusna Hanif
HP 081511365397