AsianBrain


Jaket nyaman dan aman

Para pengendara motor gunakan jaket sebagai pelindung badan. Adapun cara memilih jaket yang pas bagus dan nyaman dalam mengendarai sepeda motor baik itu dalam jarak dekat, jauh dan berpergian pada malam dan siang hari. Ada beberapa yang harus disesuikan jaket untuk kondisi tertentu misalnya udara panas, dingin berpergian siang hari, malam hari berpergian dekat atau jauh.
Ada beberapa cara bagaimana mendapatkan jaket yang bagus sebagai berikut:

 Pilihlah jaket yang nyaman dan pas di tubuh Anda. Pilih yang bodyfit, tidak terlalu sempit dan tidak terlalu longgar. Perhatikan pula bagian pergelangannya yang mengecil pada pergelangannya. Selain itu usahakan jaket berwarna terang agar mudah terlihat oleh pengendara lain baik dalam kondisi terang dan gelap (hujan , mendung dan malam hari).
 Desain, menutupi seluruh anggota badan, mulai dari leher, pergelangan tangan, sampai pinggul. Tujuannya supaya seluruh anggota badan dapat terlindung dari benturan benda keras kalau accident maupaun terpaan angin saat perjalanan.
 Sistem pengikat, gunakan model dengan risluiting dan ada penutup tambahan kain yang menggunakan kancing. Hal ini untuk mencegah angin menyelusup masuk ke dalam dada. Untuk pengikat pada pergelangan tangan gunakan yang sesuai ukuran badan atau fit, jangan terlalu besar atau terlalu sempit hal ini akan kelihatan lebih bagus mudah untuk gerak.
 Bahan, gunakan bahan Gore-Tex atau Cordura yang tahan gesekan dan air dan dilapisi dengan bahan katun di sisi dalamnya.
Pemasangan protector pada pundak, punggung, siku dan sepanjang tulang tangan sangatlah baik untuk meredam benturan yang terjadi pada saat accident. Untuk berkendara pada siang hari, gunakan material jaket yang tidak terlalu tebal mudah menyerap keringat dan mempunyai ventilasi dibagian belakang sehingga jaket menjadi lebih nyaman, sebaliknya untuk perjalan pada malam gunakan jaket yang lebih tebal dan hangat.